Selasa, 10 April 2012

Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Kompas

MENENTUKAN ARAH MATA ANGIN
TANPA KOMPAS
  
DENGAN TANDA-TANDA ALAM
  • Kuburan islam menghadap utara.
  • Masjid menghadap kiblat, untuk Indonesia mengarah ke Barat laut.
  • Bagian pohon yang berlumut tebal menunjukan arah timur, karena sinar matahari yang belum terik pada pagi hari.
  • Di hutan lebat, pucuk daun pohon biasanya mengarah ke timur.
  • Matahari yang terbit di Timur dan biasanya di Barat.

MENENTUKAN ARAH DENGAN BANTUAN JARUM MAGNET BUATAN
Sebatang kawat dari besi, atau sebuah jarum misalnya, jika digosokan dalam satu arah pada selembar kain sutra akan menjadi magnet sementara dan dapat di gunakan untuk menentukan arah Utara. Kemudian gantungan pada tali atau benda lain yang tidak membuat jarum berubah-ubah posisi. Atau simpan di atas permukaan air.

MENENTUKAN ARAH DENGAN BANTUAN BAYANGAN MATAHARI
Pada lokasi datar dan berbatu, tancapkan tongkat (sekitar 1 meter) kedalam tanah, usahakan selurus mungkin. Tandai bayangan sebagai satu titik. Tunggu sekitar 15 menit, dan garis ini menunjukan arah barat (titik pertama) dan timur (titik kedua). Arah utara dan selatan dapat di tentukan dari arah barat dan timur. Cara ini dapat di pakai kapan saja selama ada sinar matahari.


 MENENTUKAN ARAH DENGAN BANTUAN JAM TANGAN 
Jam tangan teradisional/bukan digital dengan dua jarum (jarum menunjukan jam dan jarum menunjukan menit) dapat di pergunakan untuk menentukan arah.
Cara (1): letakan jam tangan mendatar, arahkan jarum jam ke arah kedudukan matahari. Maka garis tengah yang membagi jarum jam dan angka 12 adalah arah Uatara-Selatan.
Cara (2): letakan jam tangan mendatar, arahkan angka 12 jam tangan kearah kedudukan matahari. Maka garis tengah yang membagi angka 12 dan jarum jam adalah Utara-Selatan.

MENENTUKAN ARAH MENGGUNAKAN PERBINTANGAN
ORION (di sepanjang lintasan matahari).

CASSEOPIA (di belahan langit bagian utara).

SCORPIO (di belahan langit bagian Tenggara dan Barat Daya).

BIDUK BESAR (di belahan langit bagian Utara).

SALIB SELATAN/GUBUK PANCENG (di belahan langit Sealatan).

Keterangan:
  • Titik-titik yang menghubungkan bintang-bintang sebenarnya tidak ada. Jika di gambar ada, itu suatu khayalan hanya untuk menghubungkan satu dengan yang lain.
  • Garis lurus yang di tarik dari bintang ke kaki juga di maksudkan sebagai garis proyek untuk menetapkan titik potong yang tepat di kaki langit.
  • Rasi-rasi bintang, seperti yang tertera pada gambar tidak selalu tampak pada saat yang bersamaan.
  • Untuk menjelaskan sambil menunjuk jumlah bintang dalam satu rasi yang sama, anda sebaiknya menggunakan senter. Pilihlah malam-malam dibulan kemarau karena pada saat itu langit terang dan bintang-bintang akan tampak jelas.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: