Selasa, 08 Mei 2012

Kompas

KOMPAS

Kompas ialah alat penunjuk arah mata angin. Karena sifat kemagnetannya, jarum kompas akan selalu menujukan arah utara-selatan (jika tidak dipengaruhi oleh adanya gaya-gaya magnet lainnya selain magnet bumi). Tetapi perlu di ingat bahwa arah yang ditunjuk oleh jarum kompas tersebut adalah utara magnetis bumi, bukan utara bumi sebenarnya. Jadi yang perlu di perhatikan tentang arah utara yaitu:
  • Utara Peta
  • Utara Sebenarnya
  • Utara Magnetis (utara kompas)
Utara sebenarnya menunjukan arah kutub utara bumi. Utara magnetis menunjukan kutub utara magnetis bumi. Kutub utara magnetis bumi letaknya tidak bertepatan dengan kutub utara bumi, kira-kira disebelah utara Kanada, di Jasirah Boothia. Karena pengaruh rotasi bumi, letak kutub magnetis bumi bergaser dari tahun ke tahun. Utara magnetis adalah arah utara yang di tunjukan oleh jarum magnetis kompas.

JENIS-JENIS KOMPAS
Pada umumnya, kompas yang dapat di pakai untuk suatu perjalanan ada dua jenis, yaitu:  
a. Kompas bidik/kompas tembak                 b. Kompas Orienteering



BAGIAN-BAGIAN KOMPAS.
Bagian-bagian kompas yang penting adalah antara lain:
  1. Dial: permukaan di mana tertera angka huruf-huruf seperti pada permukaan jam
  2. Visir: pembidik sasaran
  3. Kaca pembesar: di tempatkan pada mata yang membidik sasaran
  4. Jarum penunjuk: lokasi magnet bumi
  5. Tutup dial: dengan dua garis bersudut 450 dapat di putar-putar
  6. Alat penggantung : sebagai penyangkut ibu jari untuk menopang kompas dengan induk jari.
Angka di atas dial di bagi dalam satuan derajat antara lain: 00, 450, 900, 1350, 1800, 2250, 2700, 3150, 3600
Di luar/di dalam lingkaran dial terdapat huruf : N = Nort (utara), E = Eas (timur), W = West (barat), S = Sout (selatan).
Untuk menghindarkan keraguan-keraguan istilah tersebut kita pergunakan angka saja sebagai contoh : North East (Timur Laut) = 450, East (Timur) = 900, South East (Tenggara) = 1350, South (Selatan) = 1800, South West (Barat Daya) = 2250, West (Barat) = 2700, Nourt West (Barat Laut) = 3250, dan Nourt (Utara) = 3600.
Sebagai titik start utara = 00, tetapi sebagai titik final utara=3600.

MATA ANGIN


CARA MENGGUNAKAN KOMPAS
  1. Letakkan kompas anda di atas permukaan yang datar. setelah jarum kompas tidak bergerak lagi, maka jarum tersebut menunjuk ke arah utara magnet.
  2. Bidik sasaran melalui visir dengan kaca pembesar. Miringkan sedikit letak kaca pembesar, kira-kira 50  di mana   berfungsi untuk membidik ke arah visir dan mengintai angka pada dial.
  3. Apabila visir diragukan karena kurang jelas dilihat dari kaca pembesar, luruskan saja garis yang terdapat pada tutup dial ke arah visir, searah dengan sasaran bidik agar mudah dilihat melalui kaca pembesar



Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: